Pengertian AMP? Manfaat dan Cara Kerjanya

5/5 (7)

Tahukah Anda berdasarkan laporan google, 53 % pengunjung akan meninggalkan website dengan bounce rate lebih dari 3 detik.

Tahukah Anda riset mencatat 98,2 % orang Indonesia menggunakan Smartphone untuk berinternet.

Pada tahun 2016 lalu, Google mengeluarkan Fiture AMP (Accelerated Mobile Pages ) untuk mempercepat membuka halaman website yang di khususkan untuk pengguna mobile.

Dalam kesempatan ini ijikan kami, membahas mengenai AMP, Manfaat, dan Cara kerjanya

Pengertian Google AMP

AMP singkatan dari Accelerated Mobile Pages yaitu sebuah perangkat lunak yang dikembang oleh Google untuk mengoptimalkan website agar dapat diakses lebih cepat di perangkat mobile.

Dengan menggunakan AMP dapat menurunkan bounce rate hingga 8,3 % sehingga website akan lebih cepat Jadi pengunjung tidak perlu banya menghabiskan waktu untuk membuka halaman website.

Manfaat AMP

Manfaat menggunakan Google AMP adalah

Bertambah cepat kinerja website dan mengurangi bounce rate ( angka presentase kunjungan ke single-page). Website anda akan menjadi Mobile friendly.

Dapat meningkatnya SEO dengan AMP website anda akan lebih mudah dicari di search engine sehingga ranking website anda terus meningkat.

AMP dapat meringankan beban server karena Google AMP akan menyimpan data-data dalam bentuk cache sehingga browser yang digunakan tidak memuat ulang.

AMP Google secara otomatis mengoptimasi berbagai elemen website seperti code html, Javascript bahkan gambar. Dengan AMP akan disesesuaikan element tesebut

Cara Kerja

Cara kerja AMP itu sendiri adalah mengoptimalisasi kode HTML yang digunakan dan menyimpan dalam bentuk cache sehingga browser tidak memuat ulang untuk membuka data-datanya.

AMP bekerja mengurangi penggunaan Javascript yang tidak diperlukan sehingga AMP ini memberikan Akses prioritas untuk pengguna Mobile.

Selain itu AMP dapat mengoptimalkan gambar yang terlalu besar dan akan menyesuaikan ukuran gambar.

Please rate this

LEAVE REPLY

Your email address will not be published.