Pengertian Addon Domain dan Sub Domain

5/5 (5)

Addon Domain adalah sebuah domain yang ditambahkan setelah domain utama. Addon Domain mempunyai folder tersendiri dalam domain utama atau bahasa lainnya Addon Domain berada di sub-direktori setelah direktori utama. Walaupun didalam folder domain utama namun memiliki fungsi yang sama. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Fungsi Addon Domain

Mengenai terkait fungsi Addon Domain tidak lain hanya menghemat biaya pembelian hosting jadi Anda tidak perlu membeli hosting lagi artinya dengan Addon Domain Anda perlu satu hosting saja untuk digunakan beberapa Domain, tetapi ingat tidak semua penyedia hosting memberikan Addon Domain, ada yang hanya beberapa saja dan adapula yang tida sama sekali. Untuk itu sebelum membeli perhatikan spesifikasinya atau tanya kepada costumer service terlebih dahulu.

Berikut ini kami mengambil contoh spesifikasi penyedia hosting :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, disini Anda harus perhatikan membeli hosting jika Anda masih belum paham silahkan tanya kepada costumer service yang siap membantu Anda.

Selain fungsi diatas pada saat menambahkan Addon Domain Akun FTP (File Transfer Protocol) secara otomatis terbuat pada Domain baru. FTP merupakan protokol yang bertugas untuk menjembatani pertukaran informasi di dalam suatu komputer. Jika kamu mengunduh dan mengunggah file, maka semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan adanya bantuan FTP.

Kesimpulan: Fitur Addon domain memiliki fungsi yang sama seperti domain utama. Hanya saja terdapat beberapa batasan yang tidak bisa dilakukan oleh Addon domain. Salah satunya adalah tidak mempunyai cPanel sendiri.

Perbedaan Addon Domain dengan SubDomain

Setelah kita membahasa pengertian dan fungsi Addon Domain. Ada istilah Subdomain. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahui apa itu subdomain. Sebelum kita membahas perbedaan Addon domain dan sub Domain, kami akan memberikan pengertian terlebih dahulu. Sub Domain adalah domain standard yang tidak berdiri sendiri. Subdomain merupakan bagian tambahan dari nama domain utama. Sebagai contoh dari kami, kami memiliki domain utama solusitekno.com ingin dibuat sub domain seperti : blog.solusitekno.com, forum.solusitekno.com, news.solusitekno.com dll.

Secara rinci perbedaan addon domain dan sub domain adalah :

Addon domain

  • Akun FTP (File Transfer Protocol) dibuat saat menambahkan addon domain
  • Addon domain adalah domain yang terpisah dari domain utama, jadi jika domain utama sedang bermasalah dan tidak bisa diakses makan addon domain tidak berpengaruh dan tetap bisa diakses
  • Tidak bisa ditambahkan pada ke URL yang sama dengan domain utama

Subdomain

  • Akun FTP sama dengan akun di domain utama, jadi tidak dibuat akun FTP yang baru
  • Jika domain utama sedang bermasalah dan tidak bisa diakses, makan semua sub domain jg bermasalah dan tidak bisa diakses juga
  • URL yang sama bisa dengan domain utama bisa ditambahkan

Berikut ini video membuat Addon Domain :

Dekian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga berguna dan bermanfaat.

Please rate this

LEAVE REPLY

Your email address will not be published.